Tuesday, March 15, 2011

Sistem Operasi dengan Mac

Mac OS diberi nama oleh perusahaan Apple sebagai "Mac Software Sistem" pada awalnya, sebuah sistem operasi yang dirancang khusus hanya untuk prosesor Motorola 68K pertama. Dengan hardware Macintosh sendiri, Mac OS mengambil peran khusus dalam dunia sistem desktop. Versi pertama adalah "Sistem 1" dan muncul dibundel dengan Mac tahun 1984. Desktop klasik dirancang sebagai sistem operasi single user dan hampir sepenuhnya menyembunyikan path lengkap ke file dan direktori.Representasi grafis direduksi menjadi esensi. Secara keseluruhan interface sangat mudah digunakan dan tidak perlu tombol kanan mouse untuk interaksi pengguna. Mac OS tidak termasukantarmuka baris perintah.

Dimulai dengan Sistem 3.0, HFS file system yang digunakan secara resmi, yang tidak berbeda antara huruf besar dan huruf kecil. System 5.0 merupakan rilis pertama untuk menjalankan beberapa program dengan MultiFinderterintegrasi pada waktu yang sama. Sistem operasi diprogram sampai dengan sistem 6.0 terutama di assembler dan sebagian diPascal dan menggunakan mode pengalamatan 24-bit. KoperasiMulti-tasking opsional bisa diaktifkan di System 6. 7.0 Sistem pertama didukung 32-bit. Dengan demikian memungkinkan sistemoperasi dapat menggunakan lebih banyak memori dan programyang lebih kuat. Sejak tahun 1994 Sistem 7,5 didukung untuk pertama kalinya arsitektur PowerPC dan dioptimalkan dengan OSMac versi berikut lebih lanjut tentang arsitektur ini. Dengan perangkat lunak 7.6 Sistem nama ini diubah ke Mac OS pada Januari 1997.

MacOS X disajikan untuk pertama kalinya publik padahardware x86, Apple memungkinkan penggunaan Mac OS X hanya pada sistem intel-Macintosh tertentu. Menurut Steve JobsMac OS X telah dikembangkan sejak tahun 2000 internal paralel untuk prosesor Intel dan PowerPC. Versi Mac OS X 10.6.0 mengangkat optimasi untuk prosesor berbasis Intel lebih lanjut, sistem operasi baru tidak lagi tersedia untuk PowerPC Macintoshatau murni prosesor intel 32-bit. Sebagai gantinya pengguna menerima sebuah sistem operasi 64-bit murni dioptimalkan untuk kinerja pada prosesor ganda. Bahkan komputasi GPU kekuasaanitu sendiri dapat digunakan dengan aplikasi spesifik.

Pemilihan perangkat lunak ini difokuskan pada industri kreatif dan memungkinkan seperti editing grafis, audio dan video profesional.Aplikasi Office seperti MacWrite, Microsoft Office, OpenOffice dangame 3D juga tersedia. Pemilihan browser yang besar denganiCab, Microsoft Internet Explorer, Netscape, Opera dan Mozilla Firefox. StuffIt adalah perangkat lunak standar untuk kompresi file.

Sistem 6 (Mac OS)

Mac sistem perangkat lunak 6 datang ke pasar pada tahun 1988. Hal ini membutuhkan 1 MB RAM dan dapat mengatasi hingga 8 MB. Sistem file dapat mengatur hard disk hingga 2 GByte dengan 65.536 file. Opsional aplikasi berjalan dengan Finder multi dikoperasi multitasking. Untuk pengolah kata adalah program-program seperti WriteNow, MacWrite II, dan Microsoft Word 4.0 tersedia.

System 7 (Mac OS)

Sistem 7 pertama kali tersedia pada bulan Mei 1991. Sistemoperasi baru yang dibutuhkan 2 MB RAM, opsional dapat beralih ke32-bit, tergantung dari hardware yang digunakan. Koperasi multitasking kini diaktifkan secara default, memori beralamat tidak lagi terbatas pada 8 MB. Selain itu memori virtual dapat diaktifkan.

Perangkat Lunak Sistem 7,5 muncul pada tahun 1994 dan membutuhkan paling tidak 4 MB RAM. Ini berjalan baik di 68k-Macdan Power Macintosh. Pada bulan September 1996, update 7.5.5Sistem mencakup semua perbaikan bug yang tersedia, OpenTransport 1.1.2, driver Ethernet saat ini dan dukungan untukvolume drive penyimpanan hingga 4 GB. Dengan rilis 7.6perusahaan Apple berganti nama untuk sistem operasi dariSystem Software untuk Mac OS pada tahun 1997. Pada 31.Januari 1999 Apple Mac memberikan sistem perangkat lunak7.5.3 publik sebagai download gratis.

Mac OS 7.6 dapat diinstal pada setiap komputer Mac yang kompatibel, yang berisi setidaknya 68.030 prosesor danmendukung 32-bit. 24-bit tidak lagi didukung. Kinerja ditingkat sandi bidang memori virtual dan manajemen memori. QuickTime versi2.5 menawarkan kualitas gambar yang lebih baik dan manfaat dariprosesor ganda.

Pada sistem dengan prosesor 68040 atau partisi PowerPC dapat digunakan hingga 2 TByte, sistem dengan prosesor 68030 tetapterbatas sampai 4 GB. Periksa dari disk setelah sistem crash membutuhkan waktu sekarang jauh lebih sedikit.

Mac OS 8

Mac OS 8 oleh Apple muncul pada bulanJuli 1997. Sebagai persyaratan minimum yang ditentukan sebuah 68040 atauprosesor PowerPC, 32 MB RAM dan 120 MB ruang disk bebas.Tombol CTRL digunakan untuk menampilkan menu konteks khusus untuk tindakan yang berbeda. Finder di versi 8 sekarangmultithreaded dan tidak ada lagi istirahat aplikasi lainnya saat copy file. Waktu mulai dari sistem operasi dan aplikasi yang telahberkurang. Sebagai standar perangkat lunak browser MicrosoftInternet Explorer 3.0 dan Netscape Navigator 3.0 disertakan. Di dalam jaringan TCP / IP dapat berbagi file dan printer diakses.

Dengan Mac OS 8.1 dengan filesystem HFS + disertakan secara default. Sekarang informasi disimpan lebih efisien pada sistem filedan tidak ruang limbah disk kurang dalam perbandingan HFS.Batas ukuran partisi sangat tergantung pada perangkat kerasAnda, ukuran maksimum sekarang 2 TByte untuk semua sistemQuadra dan PowerMac. Sistem file dapat menangani hingga 2 miliar file dengan ukuran file saat ini hingga 2 GB. PC Exchange2.2 memungkinkan pengguna mount drive DOS dan Windows didesktop Anda. Sistem file yang didukung termasuk FAT12,FAT16, FAT32, VFAT.

Mac OS 8.5 lebih mengoptimalkan stabilitas dan kecepatan sistem operasi, Sherlock diperpanjang untuk pencarian teks lengkap dalam file lokal dan wizard pencarian Internet untukpertama kalinya. Sistem Mac dengan prosesor 68k tidak lagikompatibel dengan versi ini. Throughput dalam jaringan Ethernettelah ditingkatkan, AppleScript sekarang sampai 5 x lebih cepatdari versi sebelumnya. Tampilan grafis dipercepat dengan rutinitasQuickDraw baru. Menyalin file telah menjadi lebih cepat danmeningkatkan throughput disk. Sebuah alat untuk mendeteksisistem pemeliharaan dan perbaikan kesalahan pada sistem fileotomatis. The "Apple System Profiler" membuat laporan yang komprehensif tentang hardware yang digunakan dan software.

Mac OS 8.6 membutuhkan 250 MB ruang disk dan RAM 24 MB.Sebuah kernel baru termasuk yang meningkatkan kinerja danmenambahkan dukungan untuk prosesor G4 PowerPC.Kemampuan multitasking dan multiprocessing telah dioptimalkanlebih lanjut dan ditingkatkan dengan fitur baru.

Mac OS 9

Sistem operasi Mac OS 9 telah dikembangkan di bawah Sonata nama dan dialihkan ke 23. Oktober 1999. Instalasi membutuhkan RAM 32 MB dengan memori virtual dan prosesor PowerPC 601 atau lebih tinggi. Untuk model dengan prosesor G3 setidaknya 64 MB RAM direkomendasikan untuk kinerja yang optimal. Yang pertama dan sistem G4 iMac sampai musim panas 2000 yang didukung. Penyimpanan disk bebas harus 150 sampai 400 MB, tergantung pada jenis instalasi, 50 fitur baru ditambahkan dibandingkan dengan versi sebelumnya.Hal ini mencakup dukungan untuk beberapa pengguna dengan password dan manajemen akses untuk file dan pengaturan. login ini tersedia melalui otentikasi dengan suara. File dapat disimpan dienkripsi. Sistem operasi secara otomatis dapat memperbarui sendiri melalui Internet. Anda dapat membuat cadangan semua password pribadi dengan password master. Mesin pencari terintegrasi Sherlock 2 diperpanjang dengan bahasa dan mencari template. Versi pertama "Carbon" API bisa digunakan untuk aplikasi baru.

Aplikasi berikut ini disertakan dalam versi saat ini: Finder 9.0, Mac OS Runtime untuk Java 2.1.4, Apple keamanan data 2.0 dan Open Transport 2.5.

Mac OS X

Teknologi yang berbeda seperti Kernel Mach, NeXTSTEP dan alat-alat dari NetBSD dan FreeBSD ditemukan pengaruh di Mac OS X untuk menggabungkan teknologi Apple sebelumnya dengan fitur UNIX. Inti sistem operasi Darwin adalah open source dan dapat digunakan juga pada komputer standalone x86. Mac OS X bekerja dengan multi-tasking memesan efek terlebih dahulu dan termasuk di samping Aqua GUI baru GUI klasik dari Mac OS 9.

Mac OS X 10.0 keluar pada Maret 2001. Untuk menginstal adalah 128 MB RAM (256 MB RAM mulai dari Mac OS X 10.3.9) dan 1,5 GB ruang hard disk (3,0 GByte mulai dari Mac OS X 10.2) yang disediakan. Mac OS X 10.5 memerlukan setidaknya 512 MB RAM dan 9 GByte ruang disk bebas.

  • 32-bit atau 64-bit pemrosesan
  • SMP sampai dengan 32 CPU
  • Membutuhkan PowerPC G3, G4 atau G5
  • POSIX kompatibel
  • HFS + file system

Bidang Aplikasi

  • digital fotografi
  • 2-D dan animasi 3-D
  • pemrosesan video, streaming
  • pengolahan audio
  • Platform untuk DTP, desain web
  • aplikasi kantor

Struktur Informasi

  • mendukung QuickTime / VR
  • Kernel monolitik
  • Baca / Tulis FAT, FAT32, ISO9660, UDF
  • baik terbukti TCP / IP Stack
  • interaksi pengguna berbasis grafik dengan si penemu
  • representasi grafis oleh Quickdraw
  • password administrasi pusat (Keychain)

Kinerja dan perbaikan yang cukup nyaman dilakukan di versi MacOS X 10.1. Permukaan bereaksi lebih cepat di interaksi pengguna, sistem mulai dipercepat dan kinerja OpenGL meningkat nyata.

Mac OS X 10.3 kini GUI dalam skema logam dan Finder dioptimalkan. Penggunaan dan akses dalam jaringan heterogen semakin disederhanakan. File dapat diberikan dengan etiket, format kompresi ZIP sekarang langsung didukung. 12 juta pengguna MacOS X dihitung pada bulan Oktober 2004.

Menurut Apple Mac OS X 10.4 membawa lebih dari 200 fitur baru.Fitur adalah cepat, sistem-lebar dan indeks berbasis fungsi pencarian bernama Spotlight, Dashboard untuk memudahkan akses ke programms kecil (Widgets), yang Pengotomasi untuk komposisi yang disederhanakan dari Applescripts untuk otomatisasi tugas. Web browser Safari di versi 2.0 sekarang berisi dukungan RSS, perangkat lunak QuickTime telah diupdate ke versi 7 dengan dukungan untuk video codec H.264. kebaruan lebih lanjut pengiriman pada media DVD, instalasi dari CD-ROM tidak mungkin lagi.

Pertama sejak tanggal 10 Januari 2006 adalah MacOS X 10.4.4 sebelah PowerPC versi yang tersedia untuk Mac berbasis Intel. Di 6. Juni 2005 Steve pekerjaan mengumumkan di WWDC beralih ke prosesor Intel. Sebagai informasi lebih lanjut kemudian dikenal bahwa Apple telah mengembangkan Mac OS X sejak tahun 2000 internal juga untuk platform Intel.

Apple merilis penerus MacOS X 10.5, Leopard di 2007/10/26.Dengan lebih dari 300 inovasi pengguna MacOS menawarkan antarmuka pengguna yang ditingkatkan dengan virtual desktop, preview file cepat dan Dock dengan efek 3D. Finder direvisi, perluasan "Boot Camp" untuk instalasi Windows pada Intel-Mac merupakan komponen resmi sekarang. Sebagai sistem file ZFS adalah opsional tersedia. Untuk berselancar di internet Apple Safari 3 Web browser disertakan. Backup dapat dibuat, dikelola dan dipulihkan dengan cara sederhana dengan "Time Machine".Time Machine membuat setiap jam sehari secara otomatis berkas cadangan dan setiap hari snapshot selama satu bulan lengkap.Kehilangan file yang ditemukan dengan mudah di atas tampilan garis waktu dinamis snapshot tersebut. Keamanan dari sistem operasi dan aplikasi diperbaiki oleh 11 perangkat tambahan. Ini di samping orang lain firewall berbasis aplikasi, menandatangani aplikasi, penggunaan ASLR (Ruang Alamat Layout Randomisasi) dan sandboxing untuk aplikasi.

Buka Grup MacOS X 10.5 bersertifikat sesuai dengan standar UNIX 03 pada bulan November 2007. MacOS X adalah BSD bebas pertama derivatif dengan sertifikat tersebut untuk menanggung nama UNIX resmi. Sertifikasi menjamin penggunaan implementasi UNIX standar untuk porting aplikasi UNIX dengan mudah.

Update pertama dengan perbaikan bug dirilis dengan Mac OS X 10.5.1 oleh Apple pada tanggal 15 November 2007. Ini berisi perbaikan bug umum untuk sistem operasi untuk meningkatkan stabilitas, kompatibilitas yang lebih baik dan keselamatan. Mac OS X 10.5.2 cames dengan 125 perbaikan bug dan optimasi yang lebih kecil pada tanggal 24 Januari 2008.

Mac OS X 10.6 adalah komputer Mac dengan prosesor Intel Core 2Duo dengan memori minimal 1 GB dan 5 GB ruang bebas di depan. Sistem operasi ini tidak lagi ada sebagai pelaksanaanPowerPC. Apple menempatkan pengembangan fokus pada kinerja dan stabilitas. Hal ini mendukung hingga 16 memori TByte, itu dioptimalkan untuk prosesor multi inti, dan merupakan sistem operasi 64-bit murni. Dengan teknologi OpenCL prosesor grafis dapat mempercepat dalam perhitungan aplikasi spesifik.

Versi

Tanggal Versi

  • 1984 Sistem 0,85, 216 kbyte dalam ukuran, waktu pertama dengan sistem file LKM
  • 1985 Sistem 2.0, update dan perbaikan seperti Finder dan menu
  • 3.0 Sistem 1986, berisi optimasi, waktu pertama dengan sistemfile HFS
  • 1987 Sistem 4.0, perbaikan bug
  • 1987 Sistem 4.1, Finder ditingkatkan (mendukung HDD> 32MByte)
  • Sistem 1988 6, 32-bit warna, Quickdraw dukungan, dukungan driver port serial, TrueType font
  • 1990 Sistem 7, 32-bit pengalamatan memori pada perangkat keras yang didukung, waktu pertama dengan memori virtual,diperbarui GUI
  • 1994 Sistem 7,5
  • 1997 Mac OS 7.6
  • 1997 Mac OS 8.0
  • 1998 Mac OS 8.1, 32-Bit, sistem file HFS +, hanya perlindungan terbatas memori, USB dan Firewire di hardware yang didukung
  • 1998 Mac OS 8.5.1, Sherlock mencari file di hard disk dan diinternet, update intranet
  • 1999 Mac OS 8.6, multi-prosesor yang mampu
  • 1999 Mac OS 9 (sonata), Sherlock 2 dapat menangani file dengan ukuran hingga 2 tbyte, profil pengguna (banyak pengguna)
  • 2001 Mac OS 9.1
  • 1999 Mac OS X Server, Mach-Kernel 2.5 (mikrokernelUnix-turunan) kinerja yang lebih baik dan stabilitas
  • 1999 Maret Mac OS X Server 1.0
  • 2000 Mac OS X Server 1.2.3
  • 2001 Maret Mac OS X 10.0 (Cheetah)
  • 2001 September Mac OS X 10.1 (Puma), peningkatan performa,peningkatan GUI
  • 2002 Agustus Mac OS X 10.2 (Jaguar), aplikasi baru dan teknologi
  • 2003 Oktober Mac OS X 10.3 (Panther), fitur baru untuk peningkatan produktivitas dan keamanan; Mac OS X Server 10.3

No comments: